Permintaan dan Penawaran dalam Bidang ekonomi
Hukum Permintaan dan Penawaran
Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak dan sebaliknya. Jika harga semakin rendah/murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya.(Cateris Paribus).
Hukum permintaan dan penawaran diatas dapat diartikan dengan semakin tinggi harga penawaran dipasar maka semakin sedikit pembeli(konsumen),sebaliknya semakin rendah harga penarawan yang dilakukan oleh penjual maka semakin tinggi permintaan konsumen di pasar.
Hal ini disebabkan karena Konsumen maupun pembeli sama-sama menginginkan keuntungan sebanyak-banyaknya.Apalagi dengan melonjaknya berbagai barang saat ini,Konsumen menginginkan barang-barang berkualitas dengan harga yang terjangkau.
Maka,dapat disimpulkan bahwa antara prmintaaan dan penawaran saling berkaitan.
PERMINTAAN
· Pengertian Permintaan
Permintaan ialah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan kurun waktu tertentu.
Contoh:
Pembeli di sebuah pasar yang berniat untuk membeli suatu barang yang sesuai dengan harga yang diinginkan.hal ini berarti pembeli melakukan proses permintaan kepada seorang penjual.
· Hukum Permintaan
”Semakin rendah tingkat harga suatu barang akan semakin banyak barang tersebut yang diminta, dan sebaliknya. Semakin tinggi tingkat harga suatu barang, akan semakin sedikit permintaan barang tersebut (cateris paribus)”.
Hukum permintaan diatas dapat diartikan dengan prmintaan konsumen akan suatu barang akan tinggi bila harga yang yang diberikan oleh penjual lebih rendah,dan sebaliknya permintaan konsumen akan suatu barang akan rendah apabila harga yang ditawarkan tinggi.
· Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand)
a. Perilaku Konsumen
Contoh: Saat ini permintaan konsumen akan mobil Honda Jazz sangat tinggi karena dianggap mobil tersebut sesuai dengan trend masa kini .Tetapi beberapa tahun yang akan datang mungkin mobil Honda Jazz dianggap sudah kuno.
b. Ketersediaan dan harga barang jenis pengganti dan pelengkap
Contoh: Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
c. Pendapatan/Penghasilan Konsumen
Contoh:Seseorang yang memiliki gaji/pendapatan lebih tinggi,ia dapat membeli lebih banyak barang sesuai dengan kebutuhannya.begitupun sebaliknya.
d. Perkiraan harga di masa depan
Contoh:Bensin yang diperkirakan harganya akan naik akibat berkurangnya subsidi dari pemerintah,maka permintaan pembeli akan smakin tinggi
e. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
Contoh:Pada bulan Ramadhan permintaan akan buah kurma akan lebih tinggi dibanding dengan bulan-bulan lainnya.
· Kurva Permintaan
Kurva permintaan adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dan jumlah barang tersebut yang diminta oleh para pembeli.Kurva permintaan dibuat berdasarkan data riel di masyarakat tentang jumlah permintan dan faktor-faktor yang memengaruhinya.
Perhatikan daftar permintaan Desi akan jeruk yang dibelinya pada tebel berikut ini.
Berdasarkan table diatas makin dapat dibuat grafik seperti dibawah ini.
Bentuk kurva permintaan diatas memiliki kemiringan(slope) ngatif atau bergerak dari kiri atas ke kanan bawah,yang artinya apabila harga jeruk turun maka jumlah barang yang diminta akan bertambah.dan sebaliknya(sesuai dengan hokum permintaan Cateris paribus).
Dalam menganalisis permintaan terdapat dua istilah berbeda yaitu permintaan dan jumlah barang yang tersedia diminta.
· Pergeseran Kurva Permintaan
Pada contoh kasus diatas ditunjukkan bahwa berubahnya jumlah jeruk yang diminta Desi akibat dari prubahan harga jeruk itu sendiri.Bagaimana dengan factor-faktor lain yang mempengaruhi tingkat prmintaan.Perhatikan table di bawah ini.
(Tabel permintaan Desi yang dipngaruhi olh tigkat pndapatannya).
Dari table diatas maka dapat dibuat grafik sperti dibawah ini.
· Fungsi Permintaan
Fungsi Permintaan adalah prsamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dan factor-faktor yang mmpeengaruhnya.
Berdasarka factor-faktor yang mempngaruhi pr,intaan,maka dapat disusun fumgsi permintaan umum sebagai brikut:
Qd = f ( Pq, Ps.i, Y, S, D)
Dimana:
Qd : Jumlah barang yang diminta
Pq : harga barang itu sendiri
Ps.i : Harga barang-barang substitusi (i=1,2,…,n)
Y : Pendapatan
S :selera
D : Jumlah penduduk.
D : Jumlah penduduk.
PENAWARAN
· Pengertian Penawaran
Penawaran adalah sejumlah barang yan dijual atau ditawakan pada suatu harga dan kurun waktu tertentu.
Contoh:
Seorang penjual di sebuah pasar yang menawarkan barang-barang dagangannya kepada pmbli yang ada di pasar.
· Hukum Penawaran
“semakin tinggi tingkat harga suatu barang akan semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan (cateris paribus)”.
Hukum diatas dapat diartikan,apabila harga naik, maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan meningkat. Jika harga barang atau jasa turun, maka jumlah barang/jasa yang ditawarkan berkurang
Dapat disimpulkan bahwa hokum penawaran berbanding lurus dngan harga barang
· Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pnawaran(Suply)
a. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Contoh:Produsen akan mempoduksi produk lebih sediki apabila biaya produksi yang dikeluarkan lebih tinggi dan secara otomatis harga jual barang tersebut juga tinggi.
b. Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
c. Pajak
Pajak yang naik akan mempengaruhi jumlah permintaan,karena dengan kenaikan pajak,harga barangpun mnjadi lebih tinggi.
d. Ketersediaan dan Harga Barang pengganti/pelengkap
Penjual yang mnjual barang sjenis dengan harga murah,maka pembeli akan bralih ke produk yang levbih murah diantara penjual terseut.
e. Prdiksi
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
· Kurva Penawaran
Kurve penawaran adalah kurve yang menunjukkan hubungan antara tingkat harga barang barang tersebut yang ditawarkan oleh penjual. Kurve ini dibuat atas dasar data riel mengenai hubungan tingkat harga barang dan jumlah penawaran barang tersebut yang dinyatakan dalam daftar penawaran (tabel penawaran).
· Pergesran kurva Penawaran
Sama halnya pada pegeseran kurv permintaan,kurva penawaran juga mngalami pergeseran karena adanya prubahan factor-faktor yang mempengaruhi penawaran.perhatikan tebel berikut dibawah ini.
(Junlah jeruk yang ditawarkan Pak Hru sebeelum dan ssudah kenaikan harga)
Dari table diatas dapat dibentuk kurva sbagai brikut.
Perhatikan kurva penawaran di atas. Kurva penawaran S bergeser ke kiri menjadi S1. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah penawaran akan jeruk mengalami penurunan. Penurunan kurva penawaran jeruk tersebut sebagai akibat dari meningkatnya harga pupuk. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan dari salah satu atau lebih faktor-faktor yang dulu dianggap tetap, akan mengubah jumlah penawaran sekaligus menggeser kurva penawaran.
· Fungsi Penawaran
Fungsi penawaran adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan oleh penjual dan semua faktor yang mempengaruhinya.Fungsi penawaran secara umum:
Qs = f (Pq, Pl.i, C, O, T)
Dimana:
Qs : Jumlah barang yang ditawarkan
Pq : Harg barang itu sndiri
Pl.i : Harga barang-barang lain(i=1,2,…,n)
O : tujuan-tujuan perusahaan
T : Tingkat teknologi yang digunakan
Penentuan Harga Pasar dan Jumlah Barang Yang Diperjualbelikan
· Harga Pasar atau Harga Keseimbangan:
Tingkat harga di mana jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual sama dengan jumlah barang yang diminta oleh para pembeli. Pada kondisi demikian dikatakan bahwa pasar dalam keadaan keseimbangan atau ekuilibrium.
Tingkat harga di mana jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual sama dengan jumlah barang yang diminta oleh para pembeli. Pada kondisi demikian dikatakan bahwa pasar dalam keadaan keseimbangan atau ekuilibrium.
· Penentuan harga dan jumlah barang yang diperjualbelikan dalam keadaan
keseimbangan dapat dilakukan melalui tiga cara :
keseimbangan dapat dilakukan melalui tiga cara :
a. Tabel (angka)
b. Grafik (kurva)
c. Matematika
Untuk menentukan keadaan keseimbangan pasar kita dapat menggabungkan tabel permintaan dan tabel penawaran menjadi tabel permintaan dan penawaran.Keadaan keseimbangan pasar dapat ditentukan dengan menggabungkan kurve permintaan dan kurve penawaran menjadi kurve permintaan dan penawaran.Keadaan keseimbangan dapat pula ditentukan secara matematik, yaitu dengan memecahkan persamaan permintaan dan persamaan penawaran secara serentak atau simultan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar