KOMUNIKASI DALAM PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI
1.Pengertian
Komunikasi adalah tindakan oleh satu orang atau lebih, yang mengirim dan menerima pesan yang terdistorsi oleh gangguan (noise), terjadi dalam suatu konteks tertentu, mempunyai pengaruh tertentu, dan ada kesempatan untuk melakukan umpan balik.
2.Unsur-unsur
Komunikasi meliputi lima unsur,yaitu :
· Komunikator (siapa yang mengatakan?)
· Pesan (mengatakan apa?)
· Media (melalui saluran/ channel/media apa?)
· Komunikan (kepada siapa?)
· Efek (dengan dampak/efek apa?).
3.Ciri-Ciri
Ciri-ciri Komunikasi Perusahaan Telekomunikasi :
• Satu pihak (pendengar ) cenderung lebih pasif.
• Interaksi antara sumber dan penerima tidak terbatas
• Umpan balik yang diberikan tidak terbatas
• Dilakukan di tempat umum seperti di ruang terbuka, auditorium, tempat-tempat umum.
• Dihadiri oleh sejumlah besar orang atau undangan
• Biasanya telah direncanakan secara matang
• Sering bertujuan untuk memberikan penerangan, menghibur, memberikan penghormatan dan Informasi
• Satu pihak (pendengar ) cenderung lebih pasif.
• Interaksi antara sumber dan penerima tidak terbatas
• Umpan balik yang diberikan tidak terbatas
• Dilakukan di tempat umum seperti di ruang terbuka, auditorium, tempat-tempat umum.
• Dihadiri oleh sejumlah besar orang atau undangan
• Biasanya telah direncanakan secara matang
• Sering bertujuan untuk memberikan penerangan, menghibur, memberikan penghormatan dan Informasi
4.Fungsi
Dalam Perusahaan Telekomunikasi, komunikasi berfungsi untuk :
· Informatif
Pimpinan dan anggota organisasi membutuhkan banyak informasi untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka. Informasi tersebut berkaitan dengan upaya organisasi untuk mencapai tujuannya
· Pengendalian
Komunikasi berfungsi sebagai pengatur dan pengendali Perusahaan (peraturan, prosedur, perintah dan laporan
· Persuasif
Mengajak orang lain mengikuti atau menjalankan ide/gagasan/tugas
· Integratif
Organisasi yang terbagi menjadi beberapa bagian atau departemen akan tetap merupakan satu kesatuan yang utuh dan terpadu.
Secara sederhana komunikasi Dalam Suatu perusahaan mencakup:
- Business Corespondence
- Business Language
- Business Writing
- Business Speaking
LINGKUP KOMUNIKASI BISNIS DALAM SUATU PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI
- Bentuk komunikasi bisnis Perusahaan Telekomunikasi
v Oral Communication
Adalah pemahaman terhadap teknik-teknik oral communication akan membimbing kita untuk menggunakan bahasa yang baik dan menjadi pendengar yang baik. Pesan yang disampaikan dengan menggunakan oral communication cepat sekali sampai kepada komunikan. Kelemahannya terletak pada cepatnya tahap perencanaan dengan pelaksanaan komunikasi.
v Writen Commnunication
Membutuhkan kemampuan menulis dengan baik, bahasa yang santun, pola pikir yang jelas, disamping kemampuan membaca secara efisien.
v Gestural Communication
Secara budaya kita telah mengembangkan suatu bentuk komunikasi tanpa bicara, seperti wajah dan gerakan kepala.
v Signal Communication
Adalah komunikasi yang menggunakan sign atau signal. Misalnya, signal yang dilontarkan oleh super market yang terang benderang, pintu terbuka lebar dan satpam yang ramah menandakan “welcome” kepada setiap pengunjung.
Penggunaan komunikasi non verbal akan berhasil kalau kita mempunyai paham yang sama:
Ø Biasanya tindakan seseorang lebih diperhatikan daripada kata-katanya
Ø Kata-kata relatif lebih muda dikendalikan, sedangkan bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan karakteristik suara tidak demikian
Ø Dengan memperhatikan komunikasi non verbal, kita dapat mengetahui kebohongan atau menegaskan kejujuran pembicara
Ø Walaupun komunikasi non verbal dapat berdiri sendiri. Biasanya berbaur dengan pembicaraan, membawa sebagian dari pesan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar