Senin, 04 Juli 2016

KATAKAN KEBENARAN MESKI ITU PAHIT.

Di akhir Ramadhan ini, saya terpikir untuk menulis tentang Kebenaran...
kenapa kebenaran?? ada apa dengan kebenaran??? dan apa saja kebenaran???. Sebelumnya, saya ingin mengulas kisah pribadi yang mungkin bisa menjadi pelajaran walau pasti ada sebagian orang yang pastinya akan menilai "ko ibadah diumbar?? ko amal diumbar".

Oh iyaa terbesit dalam benak saya, akhir-akhir ini banyak sekali tulisan/ meme yang intinya menyudutkan orang-orang yang memposting kebaikan/ibadah dianggap sebagai Riya' dan bentuk ketidakikhlasan. yaa okelah yaaa... tapi.. pernahkah kita berpikir kembali, berapa banyak manusia yang memposting perbuatan-perbuatan maksiat yang JUSTRU kita "like", kita anggap sebagai contoh, kita anggap sebagai keagungan ... yuk sama-sama kita lihat lagi,, baik mana kita memposting sebuah kebaikan dan itu bisa menjadi tauladan bagi manusia lain, atau.. kita justru menyukai kemaksiatan yang sesungguhnya akan membuat kita jauh dari Nya...

(cerita yang mungkin bisa menjadi jawaban)
Beberapa saat lalu, saya dihubungi oleh salah seorang teman, baru kenal. Sekilas penilaian saya akan dirinya itu baik, sepertinya ia menguasai ilmu agama yang cukup baik.. beberapa hari kami berkomunikasi, tiba-tiba ia menanyakan sesuatu tentang penilaian saya terhadap salah satu sejarah zaman Rasulullah SAW.  Pastinya kita sebagai muslin telah mengetahui bahwa katakan yang benar walaupun itu pahit. Tapi tidak pada saat itu. Beberapa pertanyaan ia lontarkan dan saya jawab sesuai dengan yang saya pahami dan yakini.. hingga tiba dipertanyaan terakhir yang sebetulnya jawaban saya sama seperti apa yang ia ketahui.. namun saya memilih untuk mengalihkan jawaban saya untuk menjaga karna bicara terkait keyakinan itu tidak dapat bicara "keyakinan saya paling benar", "kamu salah". Tidaaaak... untuk itu saya memilih untuk mencari jawaban netral.
Tiba2 ia merespon dengan, kenapa kamu tidak menjawab sesuai dengan yang saya pertanyakan??? ..
Begitu tegasnya teman saya itu, mengingatkan saya untuk berkata yang katakan sesuatu kebenaran..
Terima kasih sudah mengingatkan, dan saya harap perbincangan baik terkait keyakinan dapat dilakukan dengan menghormati serta memahami lebih jauh akan kehidupan sosial dan tetap menjaga silaturahim dengan baik..

KATAKAN KEBENARAN MESKI ITU PAHIT.

- Kitab Syarah Misykatul Mashobih


قلت : زدني . قال : " قل الحق وإن كان مرا 
Abudzar berkata : "Tambahkanlah wasiyatnya wahai rasululloh " Rasululloh bersabda : " katakanlah yang benar walaupun kebenaran itu pahit ".

HR. Ahmad, At T abrani, Ibnu Hibban dan Al Hakim ),Al Hakim berkata : "Sanadnya Shohih"

( قلت : زدني قال : قل الحق وإن كان ) أي : وإن كان قول الحق على النفس أو عند أهل الباطل المتلهين بالحلويات النفسانية ( مرا ) أي : صعب المذاق وشديد المشاق وأنشد : 
لن تبلغ المجد حتى تلعق الصبرا
قال الطيبي : شبه الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر في من يأباهما بالصبر ، فإنه مر المذاق لكن عاقبته محمودة . 
Maksudnya: "katakanlah yang benar walaupun perkataan yang benar itu sulit dan sangat berat bagi diri sendiri atau bagi orang orang yang ahli kebatilan yang bersenang-senang dengan manisnya nafsu.

Ayat-ayat yang saya kutip diatas bisa menjadi landasan kita untuk tetap teguh mengatakan sebuah kebenaran. walau dalam kehidupan sosial bermasyarakat pasti kita sering dihadapkan pada kejadian yangterkadang membuat kita harus menutupi, harus mengalihkan bahkan harus membohongi orang lain hanya untuk menjaga perasaan orang lain.

Semoga kita dapat kembali belajar untuk sesuatu yang benar dan dapat menyampaikan sesuatu yang benar. Saya berharap kita dapat berbangga sebagai seorang muslim, bukan berbangga sebagai orang ber KTP "islam" tapi malu menunjukkan keislaman kita. *_*

Saya Fathia, bukan maksud menggurui, bukan orang yang banyak paham tentang islam, tp saya mau hidup saya memberikan manfaat bagi orang lain . Jika saya masih berbuat banyak salah, itu karna saya manusia.. Jika ada kebenaran dari saya, pastinya itu dr Allah SWT dan perwujudan doa dari Kedua orangtua saya yang luar biasa...

Wassalam.

referensi:
https://www.facebook.com/notes/pustaka-ilmu-sunni-salafiyah-ktb-piss-ktb/4001hadits-katakan-kebenaran-walau-terasa-pahit/935764543113021
http://www.piss-ktb.com/2015/03/3991-hadits-katakan-kebenaran-walau.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar