Selasa, 22 Maret 2016

Jogjakarta

DAY 1

Alhamdulillah, kemarin tanggal 18-21 Maret 2016 akhirnya jadi juga liburan untuk kesekian kalinya ke Jogjakarta, Kota seribu kenangan, kota pelajar dan kota yang penuh dengan ketenangan. Saya ingin berbagi cerita dengan kalian.. ihihihi. siapa tau bisa jadi referensi buat kalian yang mau plesiran di kota istimewa ini. Sebelumnya, saya juga penah posting di blog ini terkait Jogjakarta, (http://fathialicious.blogspot.co.id/2016/02/jogjakarta.html ). Ada beberapa spot berbeda yang saya kukunjungi kemarin, seperti Merapi, tempat tas Dowa, Gendhis, taman sari, alun2 Kidul dan beberapa spot lainnya.


Perjalanan kami mulai dari Kantor, terletak di wilayah Thamrin. Kami naik taxi ke stasiun senen dengan biaya kurang lebih 25ribu (karna macet ya...). Sesampainya di Stasiun, kami melengkapi perbekalan kami sambil menunggu kereta Senja Utama Jogja pukul 19.00WIB. Kami memilih perjalanan kereta karena pastinya biaya lebih murah sekitar Rp. 250ribu (bisnis)  dibandingkan pesawat yang harganya bisa 3x lipat. Untuk kalian yang mw lebih hemat lagi, bisa loh naik kereta ekonomi yang pastinya bisa jauh lebih murah.

Satu jam kemudian kereta kami pun datang, dengan penuh semangat kami segera neik ke kereta. yeaaah Finally.. liburan yang kami rencanakan sebulan sebelumnya Akhirnya bisa kami realisasikan..
suasana sebelum masuk ke Peron
Kondisi Kereta Senja Utama Solo
Kereta Senja Utama Solo adalah kereta kelas bisnis, jadi penumpangnya mayoritas pelaku bisnis atau orang-orang dewasa yang menitikberatkan pada kenyamanan dan anak-anak kecil yang diajak orangtuanya plesiran yang ibu bapaknya males sempit-seempitan.Dilihat dari jenis penumpangnya, otomatis suasana kereta ini jauh lebih hening dan nyaman dibanding ekonomi atau ekonomi Ac. Oh iyaa... 1 lagi kelebihan kereta ini, untuk kalian yang perginya berempat, jangan khawatir, kursinya itu bisa diputar loh.. jd kalian bisa ttp pandang2an sm tmn2 kalian. Kereta kami dijadwalkan berangkat pukul 19.00 WIB dan tiba di Jogja pukul 03.00 WIB.

Taraaa... Kami tiba di stasiun Tugu Jogja pukul 03.30 WIB, telat 30 menit berarti... tapi gapapa...
Masih pagi banget kan?? gelap gulita, segelap hati saya dan Micu..hahhaha oh iyaa kami pergi berempat (saya, micu, mba dita dan suaminya mba dita).
sesampainya di stasiun, hal pertama yang kami cari adalah toilet!! toiletnya masih bersih bgt, dan ga antri pula..kmai memilih untuk stay di stasiun sambil menunggu jemputan. Kami pun bergantian Mandi di toilet karena, kami memilih untuk langsung ke tempat wisata tanpa chekin terlebih dahulu di hotel yang kami book dr jakarta. So, buat kalian yang memang niatnya mw liburan dan waktunya singkat.. harus di plan gimana caranya waktu kalian ga abis cm buat mundar-mandir dan males2an dihotel.

Setelah semua beres bersih-bersih, kami keluar stasiun untuk mencari sarapan, tanpa sadar kami sudah berjalan sampai malioboro.. sarapan yang kami maupun belum kami temukan, hingga akhirnya tepat pukul 06.00 WIB mobil sewaan kamipun tiba menjemput kami.
Drivernya baik bgt dan beliau khatam urusan perjogjaan, mulai dari tempat wisata sampe jalan-jalan tikus yang tikus aja mungkin gatau lewat situ,hihihihi. Krucuuuk krucuuuuk, cacing diperut sudah teriak2 minta diisi makanan, dan kamipun segera meminta referensi si drivernya sarapan yang enak dan bisa dibungkus makan di mobil (lagi lagi irit waktu).
tiba-tiba si drivernya banting setir mobil ke arah dagen, depan hota el ameera, ada tukang pecel yang mangkal disitu.. kami berempat langsung tergiur dengan ramenya pengunjung si mba2 pecel itu.
yeaaaay we got it!!!! PECEL bumbu kacang dengan tambahan telur jadi menu pertama kami di jogja...

Perjalanan kami di Jogja pun dimulai, destinasi petama yang kami kunjungi ialah Wisata Gunung Merapi..tadinya kami mw ke merapi setelah Borobudur, tapi si Drivernya bilang "mbaa, lebih baik ke merapi dulu, biar gunungnya masih terlihat jelas belum tertutup kabut". akhirnya kami mengikuti saran si Drivernya..
sesampainya di pintu masuk kawasan merapi, kami segera mencari penyewaan Jeep untuk naik ke atas, yang mobil biasa tidak bisa melanjuti perjalanan kesana.
Dan ini diluar budget kami... menyewa jeep dengan harga Rp. 350 ribu (gabisa ditawar) mau tidak mau harus kami bayar. hihihi..Driver Jeep kami bernama Mas Domo.

penampakan Mas Domo
Selanjutnya si Mas Domo ngajak kita ke "Omahku Memoryku". Tempat ini merupakan saksi bisu dari kejadian erupsi merapi yang habis meluluhlantahakn wilayah ini. Rumah warga bekas erupsi ini dijadikan museum untuk mengenang kejadian tersebut.
Dinding erupsi (ngarang)

The Moment Of Eruption

Ada Koper yang kena Erupsi
Omahku Memoryku ini menjadi bukti bahwa erupsi Merapi kemarin itu membawa banyak kesedihan, penderitaan baik bagi korban maupun keluarga korban.
Tak lama, kami melanjutkan perjalanan kami ke batu allien,
batu Allien
Batu ini konono terseret sejauh 7KM dari puncak merapi.. Klo kalian liat langsung, pasti agak sulit menilai mana mata, mulut dan hidungnya, namun kalo kalian foto, gambar akan terlihat jelas menyerupai penampakan manusia.
Setiap sudut di wilayah merapi ini memiliki nilai art (menurut saya).. ditambah lagi kami mendapatkan driver kaya mas Domo, yang tau bgt view2 bagus buat hunting Foto, berikut contohnya
Foto Pesis didepan BAtu Alien

DI kawasan Batu Alien dgn latar alagunung Merapi
Setelah Puas Hunting di kawasan Batu Alien, kami melanjutkan perjalanan ke Bunker, tempat menjadi saksi bisu adanya 2 orang relawan yang menjadi korban dari erupsi Merapi. Konon, 2 relawan tersebut tengah mengevakuasi warga dan berkeliling mengecek ada tidaknya warga yang masih didalam rumah Namun tanpa mereka sadari, erupsi mulai terjadi saat mereka mengevakuasi warga. hingga akhirnya mereka menyelamatkan diri kedalah bunker. Tanpa mereka sadari, bunker itu sebenarnya dibuat untuk melindungi warga dari Awan Panas , bukan lahar ataupun Larva..

Penampakan Bunker
Dan Perjalanan kami di Merapipun selesai. Thanks mas domo untuk pengalaman menarik dan luar biasanya. Buat kalian yang berniat ke Merapi, coba deh cari mas Domo, pasti kalian bakalan dpt spot Foto Keren, apalagi untuk kalian yang suka hunting di Mobil Jeep gitu,. si Mas Domo ini kerjanya pake hati dan hobby.. jadi kitanya jg ngearasa FUN..

Merapi selesai...
Kita melanjutkan perjalanan ke Museum Ulen sentalu. Sebenarnya saya sudah bahas di postingan saya sebelumnya terkait Ulen Sentalu, tapi gapapa kita bahas lagi yaa...
Tiket Masuk Ulen Sentalu
Tiket Masuk Museum ini Rp.30 Ribu Include tiket masuk, minuman dan tour guide. Harga ini sebanding dengan koleksi dan suasana Museum yang Ekslusif. Kami berempat harus menunggu sekitar 10 menit untuk memenuhi kuota setiap rombongan yaitu 15 orang. 10 menit berlalu, tak ada pengunjung lainnya yang datang.. akhirnya kami berempat langsung masuk ke Museum di guiding dengn mba Hani.
Mba Hani menceritakan dengan rinci sejarah tiap2 barang koleksi, mulai dari arca, gamelan, foto2 para pemimpin kota Jogja, sampai ke pakaian adat yang mereka kenakan. Bagi kalian yang suka dengan sejarah, museum ini tepat banget buat kalian mengetahui Masa lalu kota Jogja.
Candi Miring di Ulen Sentalu
Pertanyaan yang muncul ialah, kenapa candi ini dibuat miring??? mba hani menjawabnya dengan mudah. Yaa karena Masyarakat kini telah menganggap budaya sudah tdk penting, pergeseran budaya lokal yang dikalahkan oleh Artis-artis Korea, Jepang dan Amerika. hihihihih iyaaa juga si yaa.. eling toh ndoook.. eliiing.. Budaya Indonesia tuh penuh kesantunan,,
Minuman Awet Muda
Naaah ini free nya.. Minuman yang bisa bikin awet Muda.. segeeer. bagi yang suka jahe-jahean, ini minuman enak bgt. Gatau yaa beneran bikin muda atau gaa.. yang jelas ITS FREE!! abisin gaan..

Akhiri Ulen Sentalu dengan Foto di Gerbang keluar. Spot yang paling sering dipake penulis blog, atau yang mw OOTDan di Ullen Sentalu.

Berikutnya... Candi Borobudur menjadi next destinantion di LIST kami, perjalananan seiktar 1,5 jam dari Ulen Sentalu. Honestly, diperjalanan kami tertidur pulas.. 44nya tidur!!.. kasian si sm drivernya. tapi LOVE YOURSELF FIRST!!.ihihi.
Taraaaa... setibanya kami di Candi Kenamaan ini, kami langsung dserbu dengan penjual oleh2 yang menawarkan barang dagangannya mulai dr gantungan kunci, hingga miniatur yang harganya mulai dari 10 ribu per item sampe seribu peritem. tapi tetep aja kami ga beli.hahahhaha.
Perut mulai Kriuk2, saatnya makan siang. kami memutuskan untuk makan siang di wilayah Borobudur. Harga untuk setiap makanan SANGAT TERJANGKAU. tapi untuk rasaaaa... mmmmh.. 6,5 dari 10.hahahhahaha
Tiket Masuk Candi Borobudur

Pintu Utama Candi Borobudur

Keceriaan di atas candi Borobudur

Kami Naik ke atas Candi sekitar pukul 13.00 WIB selepas kami sholat dzuhur. Oh iya guys, sekedar mengingatkan.. Kita boleh liburan kemanapun dengan siapapun, namun harus ttp kita ingat untuk selalu bersyukur dan kembali kepadaNya dengan wujud ibadah kepadaNya. Jadi jangan tinggal sholatnya yaa...
Kemarin, Candi ini ramai dengan pengunjung, karna kebetulan malamya ada acara earth hour in Borobudur Temple. tapi itu tidak mengurangi kebahagiaan kami. Anak tangga demi anak tangga kami lalui..sambil bersyukur dan mengagungkan ciptaanNya. Peciptaan yang diluar akal sehat manusia.. Allahuakbar!!.

Lepas dari panasnya Borobudur, kami lanjut melihat oleh2 yang menjadi "keharusan" dari setiap liburan.
tempat pertama yang kami kunjungi ialan tas Rajut DOWA.
DOWA (gambar bukan koleksi pribadi)
Tas Rajut 1 ini terkenal dikalangan ibu2 pecinta Rajutan dan harganya UWOOOOOW.. kalo saya yang kurang suka rajut, beli dompet kecil dengan harga 350ribu udah mahal bgt, mending beli dompet CK atau nambahin dikit dpt G*ESS . hahhaha. tapi emang gabohong si, kualitasnya bagus bgt, dan kita bisa langsung liat proses pembuatannya.. pas saya disanapun pengunjung ramai, mayoritas ibu2 dan wanita2 mature yang kalo diliay2 dr gayanya si ga peduli sm harga.hihihi.
GENDHIS
Bagi kalian yang suka rajut tapi takut ngeliat harga DOWA, GENDHIS bisa jadi alternatifnya nih.. letaknya ga jauh dr dowa ko, yaa paling 15-20 menit. Disini juga tersedia banyak jenis rajutan.. yaa emang beda si sm di Dowa yang lbh banyak pilihannya, tp gendhis ga kalah ko.. klian bisa dpt dengan harga yang lebih murah.

bakpia Kurnia Sari
Nah, oleh2 tasnya udah.. belum ke Jogjia kalo belum icip Bakpia. Kami langsung minta driver untuk mengantar kami ke bakpia paling nge HEITS.. yang harganya jg ngeHEITS.. Kurnia Sari..
entah kenapa mostly temen2 saya yang nitip oleh2 pasti nitipnya bakpia 1 ini.. setelah sampai di pusatnya.. Masya Allah penuhnyaa. antriannya, tapi ternyata rasa kejunya abis (padahal saya cm mw beli yg keju). akhirnya dikasih tau sm mbaknya kalo didepan ada lagi toko kurnia sari beda 5 rumah.yowesRp. 44ribu untuk isi 20 pcs dan Rp. 33ribu untuk isi 15pcs. daaan emang ga bohong si, rasanya BEDA dibanding bakpia yang lain. So?? sesuaikan isi kantong aja yaa...

Kurnia Sari menjadi tempat terakhir bersama driver kami, karna kami hanya sewa 12 jam. Harga sewanya Rp. 500ribu include bensin dan driver. So Far kami puas untuk servicenya..kami di Drop di Hotel.
Oh iya, Kami menginap di Hotel Intan di SasroKusuman.letaknya disamping Mall Malioboro persis, jalan kaki ga sampe 5 menit. kenapa Hotel intan??? kebetulan tahun lalu saya jg nginep di hotel ini.. secara harga si yaa lumayan mahalyaa untuk ukuran backpackeran Rp. 300rb untuk room deluxe. dengan fasilitas AC, TV dan kamar mandi dalam. Menurut saya, saya puas dengan pelayanan hotel ini dan akses dekat sekali ke malioboro.
penampakan Hotel Intan
Kami Lanjutkan perjalanan kami pukul 19.00 WIB dari hotel menuju malioboro. pastinyaaa mw cari oleh2 batik-batikan atau daster-dasteran. tapi sebelumnya kami cari makan malam dulu. dan akhirnya kami putuskan untuk makan didepan pasar beringharjo.
Gudeg Mbah Tris
Kebteulan saya tidak suka makan gudeg, jadi saya memilih makan oseng-oseng mercon, sate usus dan teh tawar panas. mmmh.. untuk rada 7,5 dari 10. berasa bgt lagi di jogjanya..banyak pengamen yang ga akan pergi kalo blm dikasih duit. dan yang paling bikin terasanya adalah medoknya mereka dengan bahasa jawanya. Makan sekenyang itu, saya cm bayar Rp. 15 Ribu. Harga yang sulit didapat di jakarta.

Perut Kenyang, Hati tenang.. ga terasa udah jam setengah sepuluh malam. kami segera menyudahi perjalanan kami hari pertama di Kota Jogja untuk menyiapkan energi  untuk hari kedua.

see you on DAY 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar